Jatuh Cinta Di Dunia Maya


Jatuh cinta berjuta rasanya. Dunia terasa begitu indah dan menyenangkan Cinta dapat memberikan semangat yang luar biasa. Kehadiran cinta dapat datang tiba-tiba, pada pandangan pertama, kesepahaman, kecocokan, cara pandang yang sama, dan seringnya bertemu.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi internet dan dunia maya yang begitu pesat, jatuh cinta dapat terjadi di dunia maya. Mulai dari situs pertemanan Facebook,

Twitter, Yahoo Messenger, dan aneka situs dan forum lainnya yang memudahkan seorang berkomunikasi melalui fasilitas chat. Ini didukung pula oleh adanya fasilitas webcam yang dimiliki oleh semua laptop.

Dengan internet, kita dapat berkomunikasi akrab dengan seseorang di dunia maya melalui fasilitas chat, email, berbagi cerita, pengalaman, dan foto. Bermula dari obrolan ringan, banyak yang menemukan kecocokan dalam berkomunikasi. Tak jarang, mereka mencurahkan isi hatinya melalui chat. Bahkan, mereka bisa tersenyum dan menangis di depan laptop. Kebiasaan ini, tanpa disadari menimbulkan benih-benih cinta atau rasa suka kepada teman chat di dunia maya.

Jatuh cinta di dunia maya, biasanya lebih didominasi oleh para remaja yang berusia belasan tahun hingga yang berstatus mahasiswa. Kini, wabah cinta dunia maya pun mulai merambah kalangan pekerja. Ini umumnya terjadi karena kesibukan di dunia kerja yang sangat menyita waktu.

Perkenalan di dunia maya dilanjutkan dengan tatap muka. Pertemuan ini untuk mengenal lebih lanjut seseorang yang dikenal di dunia maya. Hanya mengobrol intensif di dunia maya tanpa pernah bertemu tentu menimbulkan ada rasa penasaran.

Yang lebih seru, komunikasi di internet bisa lebih ekspresif karena adanya emoticon. Konon, simbol-simbol emosi/emoticon seperti tersenyum, tertawa, sedih, marah dan simbol yang lainnya, mempunyai makna yang hampir sama dengan kata-kata yang diucapkan.

Di dunia maya, seorang dapat menjadi siapa saja. Nama yang digunakan biasanya nick name, bukan nama asli. Nickname dipilih yang unik, bagus, dan keren. Agar lebih mengesankan, profil chat dilengkapi foto diri terbaik. Bahkan, kerap terjadi, foto yang digunakan bukan foto diri dan identitas diri juga bukan yang sesungguhnya. Ini yang menjadikan citra diri seorang di dunia maya dapat tampil begitu sempurna. Makanya, tak jarang, cinta bisa hadir tanpa disadari dan berakhir di pelaminan.