6 Tips Buat Tubuh Berolahraga Walau Seharian di Kantor

Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menghabiskan waktu duduk seharian di kantor. Apakah Anda tahu terlalu lama duduk dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan kesehatan ? Misalnya diabetes, obesitas dan serangan jantung.

Survei yang diadakan oleh Universitas Minnesota dan Mayo Clinic terhadap 30 karyawan dari Caldrea mengungkapkan bahwa karyawan yang bekerja sambil berdiri dalam beberapa waktu lebih sehat dan berenergi daripada yang duduk seharian penuh. Survei dilakukan dengan cara berdiri ketika bekerja selama beberapa jam dengan monitor pengawas agar mereka tidak duduk sampai waktu yang telah ditentukan.

Haruskah berdiri beberapa jam saat sedang di kantor ? Anda tidak perlu melakukan hal itu. Simak enam langkah di bawah ini yang dapat membantu tubuh Anda tetap aktif meskipun bekerja seharian di kantor, seperti dikutip dari Hufftington Post.

1. Jaga Postur Tubuh

Menurut Occupational Safety & Health Administration (OSHA), di Amerika, komputer yang berada seharian di depan Anda dapat menyebabkan sakit kepala. Pastikan komputer ada di posisi yang tepat untuk menjaga agar tangan tetap lurus dan siku menempel di meja. Supaya leher tidak pegal, layar komputer harus sejajar dengan mata. Kemudian, telapak kaki menempel di lantai dengan lutut menekuk 90 derajat. Duduk dengan angle 90 derajat akan membuat tubuh tetap tegak dan fit, juga mengurangi rasa stres karena pekerjaan. 

2.Gunakan Tangga daripada Lift

Jangan manjakan diri Anda yang selalu menggunakan lift untuk mencapai ruangan di mana Anda bekerja. Coba naik melalui tangga agar otot-otot Anda lebih banyak beraktivitas. Dengan mendaki 3 hingga 5 tumpuan tangga dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

3.Coba Ganti Alas Duduk dengan Permukaan yang Tidak Merata

Mungkin Anda sudah nyaman dengan kursi yang alasnya empuk dan rata. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti alas kursi dengan permukaan yang tidak datar. Anda bisa gunakan kursi balon atau kursi yang berbentuk bola. Jika Anda malu memakai kursi tersebut, Anda bisa tambahkan bantal di atas alas duduk. Dengan begitu, otot di sekitar bokong hingga kaki akan lebih banyak bergerak. Jaga jarak mata Anda dengan komputer supaya tetap pada posisi yang pas.

4.Manfaatkan Sedikit Waktu untuk Berjalan-jalan

Rilekskan tubuh Anda dengan berjalan-jalan. Jalan di sini bukan berarti Anda harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Anda dapat manfaatkan kesempatan untuk berdiri atau berjalan menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, Anda ingin bertanya kepada atasan tentang hasil kerja yang baru saja diselesaikan. Anda lebih baik menghampirinya langsung daripada harus mengirimkan email yang membuat Anda tidak banyak bergerak. Atau bisa juga dengan berdiskusi bersama rekan kerja sambil berdiri atau berjalan.

5.Meeting di Luar Kantor

Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat membuat Anda menghilangkan penat serta stres. Selain itu, Anda lebih sehat karena meeting yang dilakukan di luar dapat meningkatkan energi dan terhindar dari duduk yang terlalu lama.

6.Olahraga di Tempat

Anda tidak harus berlari bermil-mil demi menghindari efek dari kebanyakan duduk. Anda bisa berolahraga di tempat, seperti stretching atau berbagai pose yoga yang membuat otot beraktivitas dan tidak kaku. Misalnya, angkat kedua tangan, lalu gerakkan ke kiri dan kanan. Atau letakan tangan di dagu, kemudian tengokkan ke kiri dan kanan. Setelah melakukan beberapa gerakan olahraga di tempat duduk, Anda akan merasa lebih fresh serta mengurangi ketegangan saraf dalam tubuh, terutama bagian leher, punggung dan pinggang.