8 Tips Menghindari Sifat Sering Menunda-Nunda

Masalah menunda-nunda atau dalam Bahasa Inggrisnya ‘procastination’ merupakan ancaman kronis bagi banyak orang di Indonesia maupun seluruh dunia. Karena terbiasa dengan sikap bertangguh, suatu tujuan atau tujuan itu sulit untuk direalisasikan dengan sempurna dan cemerlang.

Berikut kami bagikan tips untuk mengatasi masalah ini.

Manajemen Waktu: 8 Tips Menghindari Penangguhan

1. Mengenali alasan penundaan sesuatu tugas

Tanya kepada diri Anda, apakah Anda takut akan gagal dalam tugas tersebut? Atau, Anda seorang yang mementingkan kesempurnaan yang hanya akan memulai kerja setelah semuanya selesai? Atau Anda seorang yang mudah terganggu dan tidak fokus dalam melunasi sesuatu tugas?

2. Mengenali tugas Anda dan bagikannya kepada tugas yang lebih kecil

Satu tips motivasi pernah dibagi, untuk makan seeokor gajah, caranya adalah dengan memotong daging gajah itu ke ketulan kecil daging.

3. Tempatkan tanggal akhir untuk tugas Anda

Coba berikan tanggal dan waktu untuk sebuah tugas. Misalnya, Anda meletakkan tujuan untuk menghabiskan membaca sebuah buku dalam waktu 1 minggu.

4. Bekerja dalam blok waktu yang kecil tetapi sering daripada bekerja dalam satu blok yang membutuhkan waktu yang panjang

Misalnya saat belajar, rehatlah sebentar selama 10 menit untuk setiap 1 jam atau 30 menit setelah belajar selama 2 jam.

5. Mulai dengan tugas yang mudah dulu

Ini bertujuan untuk memberi momentum kepada Anda untuk bergerak. Hal lain berikutnya akan menjadi mudah karena momentum yang ada.

6. Mulai dengan tugas yang Anda rasa sulit

Ini bertentangan dengan tips 6. Manfaat tips ini adalah untuk memberikan psikologi kelegaan kepada Anda. Setelah Anda berhasil menyelesaikan sesuatu tugas yang sulit, Anda akan merasa sangat nyaman karena merasakan sebuah beban telah berhasil dihapus. Tips ini memberi kepuasan kepada diri.

7. Memberitahu orang lain tentang tugas Anda

Misalnya, Anda memberitahu kepada orang lain bahwa Anda akan menyiapkan sesuatu pekerjaan dalam waktu yang ditetapkan. Ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab di dalam diri Anda untuk melunasi tugas tersebut.

8. Hindari berada di tempat yang bisa mengganggu Anda

Misalnya Anda bisa memilih untuk belajar di perpustakaan atau tempat lain yang lebih tenang jika Anda khawatir Anda akan leka dengan internet.